Minggu, 03 Juni 2012

Tugas ketujuh


Dampak Menonton TV Bagi Perkembangan Anak

            Sudah menjadi rahasia umum betapa pengaruh media sangat besar terhadap tumbuh kembang anak. Televisi dengan berbagai acara yang ditayangkannya telah mampu menarik minat pemirsanya, dan membuat pemirsannya ‘ketagihan’ untuk selalu menyaksikan acara-acara yang ditayangkan. Apalagi bagi anak-anak yang sudah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas kesehariannya, bahkan acara “nonton tv” sudah menjadi agenda wajib bagi mereka. Para orang tua kebanyakan tidak memiliki banyak waktu untuk memerhatikan, mendampingi & mengawasi anak.
   Tidak dipungkiri, dengan adanya media massa televisi ini, banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil. Dimana kita akan dengan cepat memperoleh informasi-informasi terbaru yang terjadi dimana pun dan belahan dunia manapun. sehingga membuat pemirsanya terkagum-kagum dengan acara yang disajikan. Tidak jarang sekarang ini banyak anak-anak lebih suka berlama-lama didepan televisi dari pada belajar, bahkan hampir-hampir lupa akan waktu makannya. Ini merupakan suatu problematika yang terjadi dilingkungan kita sekarang ini.
   Sejalan dengan fenomena tersebut seorang ahli komunikasi yang merupakan jebolan Universitas Pennsylvania,yang juga pendiri Cultural Environment Movement, dalam teorinya Cultivation Theory atau teori kultivasi menyatakan bahwa adanya keterkaitan antara keterkaitan antara media komunikasi (dalam hal ini televisi) dengan tindak kekerasan. Teori ini sudah cukup merepresentasikan bahwa umumnya tv lebih banyak menyuguhkan beraneka tayangan yang berbau kekerasan bahkan tak jarang apa yang mereka saksikan akan di praktekan dalam kehidupan sehari-harinya.
Olehnya itu kepada orang tua yang merupakan komponen utama dalam menghatarkan, mengasuh, dan membimbing anak seharusnya lebih protect terhadap aktivitas anaknya terutama dalam hal menonton tv. Karena peranan orang tua sangat menentukan bagaimana perkembangan anak mereka ke depannya. Dampingi anak menonton, serta pilihkan acara yang sesuai dengan usia mereka adalah langkah yang bisa dilakukan orang tua untuk mengantisipasi dampak buruk dari televisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar