Jumat, 27 April 2012

Tugas Keenam



PUBLISITAS DI AJANG PEMILUKADA MAKASSAR
Fenomena dan keadaan suhu politik jelang diadakannya pemilukada makassar  ini, yang paling nampak di permukaan adalah "adu strategi" yang dilakukan oleh masing-masing kandidat. Dimana masing-masing kandidat memiliki strategi tersendiri guna meraih simpati para pemilih. Adu strategi yang dimaksudkan disini dapat diartikan sebagai suatu persaingan melalui berbagai media komunikasi yang ada, baik cetak maupun elektronik.
Penggunaan media massa bagi kampanye oleh para kandidat tentu memiliki segmentasi tersendiri. Mengenal khalayak atau masyarakat adalah salah satu kunci sukses untuk memenangkan persaingan. Dengan menyajikan produk politik yang menarik mulai dari kemasan, isi dan tampilan yang baik, serta mempunyai intesitas menonton lebih banyak sehingga masyarakat mampu terpengaruh dan melakukan tindak memilih kandidat.
Sasaran utama dari kampanye yakni masyarakat yang memiliki hak pilih. Keikutsertaan pemilih dalam mengikuti kampanye di media massa diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan pengetahuan dan sikap positif terhadap pelaksanaan pemilukada yang dilaksanakan.
Berdasarkan uraian di atas dapat dipahami bahwa kampanye yang menjadi agenda media massa dapat memberikan sumbangan terhadap partisipasi politik, apalagi pesan yang disampaikan memperhatikan kriteria efektifitas. Semakin efektif cara penyajian pesan, akan semakin mudah pula pesan itu diterima dan dipahami oleh khalayak.
Sebagian besar Pelaku kampanye dalam hal ini adalah para bakal calon walikota sepenuhnya mengandalkan media massa, iklan, baliho dan lainnya sebagai media perantara untuk menyalurkan pesan-pesannya. Sedangkan kampanye komunikatif lebih berorientasi kepada khalayak dan menekankan pada pentingnya interaksi dan dialog khalayak sasaran.
Memberikan suara adalah salah satu tindakan terakhir dalam kampanye pemilihan, suatu rangkaian pertukaran yang panjang dan kadang-kadang memanas membentuk proses komunikasi.
Dari hal tersebut dapat menggambarkan bahwa perhatian terhadap kampanye melalui media massa memiliki peranan yang penting dalam mencapai efektifitas pesan komunikasi yang disampaikan, sebab sebaik apapun suatu pesan atau informasi yang dikemas dan disajikan dengan menggunakan berbagai media, namun jika belum dapat menarik atau mempengaruhi perhatian khalayak, maka kegiatan komunikasi tersebut tidaklah mempunyai efektifitas terhadap khalayak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar